DAPATKAN HERBAL DI TOKO HERBAL07

Rabu, 25 Maret 2015

TIPS SAAT MEMASUKI MASA MENOPAUSE PADA PENDERITA REMATIK

Tips Memasuki Masa Menopause pada Penderita AR

Ditulis oleh : dr. Catherine Maname Uli

Arthritis Rheumatoid (AR) terjadi ketika sistem imun tubuh menyerang sendi-sendi tubuh penderita. Namun ternyata selain sistem imun yang berperan, ada satu sistem lagi yang berperan, yaitu sistem endokrin. Sistem endokrin inilah yang mengatur hormon-hormon. Dari sinilah akhirnya tercetus suatu teori bahwa menopause berkaitan dengan AR.
Teori ini dibangun atas dasar bahwa ketika terjadi menopause hormon estrogen menurun, tetapi suatu molekul yang bernama CD16 meningkat. Molekul ini berperan dalam proses inflamasi (peradangan). Walaupun begitu, hubungan antara masa menopause dan AR tetap masih belum bisa dipastikan. Pada suatu penelitian yang dimuat dalam jurnal Arthritis Research and Therapy menyatakan bahwa ada hubungan antara dampak usia menopause dini terhadap derajat keparahan AR. Usia menopause dini dinyatakan berhubungan dengan tipe ringan AR setelah usia 45 tahun. Jadi usia menopause berdampak pada tingkat keparahan AR. Namun penelitian ini masih terus ditindaklanjuti.

Apa saja Gejala yang Dapat Terjadi pada Penderita AR Menjelang Menopause?
  1. Nyeri sendi. Hal ini disebabkan oleh penurunan kadar estrogen, tetapi peningkatan molekul CD16 yang berperan pada proses peradangan.
  1. Osteoporosis (Tulang Keropos). Hal ini juga disebabkan oleh penurunan hormon estrogen.
  1. Hilangnya massa otot
  2. Letih

Apa yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengurangi Gejala-Gejala di Atas?
  1. Olahraga
Olahraga dapat mengurangi nyeri sendi dan memperkuat otot-otot.
Jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan yaitu:
  • Aerobic
Ini bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi berat badan sehingga suplai darah ke otot baik dan nyeri sendi pun dapat berkurang.
  • Strength training (latihan kekuatan)
Tujuannya untuk membentuk otot-otot. Latihan ini bisa dilakukan dengan latihan angkat beban.
  • Stretching (peregangan)
Untuk meningkatkan fleksibilitas gerak dan mengurangi nyeri setelah bekerja atau beraktivitas.
  1. Diet
Fokuskan makanan yang Anda makan mengandung zat-zat dibawah ini:
  • Omega III
Bisa didapatkan dari ikan-ikan laut seperti ikan tuna dan salmon.
  • Serat
Bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayur-sayuran.
  • Minyak Olive
  • Bawang
  • Stroberi

Untuk informasi  produk kesehatan yang sangat bagus untuk mengobati rematik
Silahkan Klik Di SINI

UNTUK INFORMASI PEMESANAN SILAHKAN KLIK DISINI, UNTUK INFORMASI CARA PEMBAYARAN SILAHKAN KLIK DISINI, UNTUK PRODUK HERBAL ALAMI LAINNYA SILAHKAN KLIK DISINI.