Ciri-ciri dan Gejala Asam Urat

Ciri-ciri dan Gejala Asam Urat

gejala asam urat
Gejala Asam Urat - Banyak orang yang tidak menyadari gejala asam urat muncul pada dirinya. Maka dari itu, mengetahui dan mengenali gejala asam urat itu sangat penting karena penyakit ini dapat menyerang siapa saja terutama orang yang hidup dengan pola tidak sehat.

Hampir setiap hari penderita akan merasa terganggu beraktifitas karena nyeri pada persendiannya. Untuk melakukan pencegahan lebih dini, maka anda perlu tahu tentang gejala asam urat.


Pada awalnya gejala asam urat yaitu rasa nyeri pada persendian selama beberapa hari. Dan akan hilang hingga asam urat tersebut menyerang sendi lagi. Anda harus terus waspada terhadap gejala asam urat ini agar penyakit ini tidak menjadi parah.

Di bawah ini akan diuraikan tentang gejala asam urat yang lainnya yaitu:

1. Susah buang air kecil karena asam urat juga menyerang daerah ginjal sehingga dapat terjadi kencing batu.

2. Gejala asam urat yang kedua yaitu pada bagian tubuh yang terkena asam urat seperti pinggang, pundak, otot, persendian, punggung, bahu, atau pinggul akan terasa sangat nyeri, panas, bengkak, dan tampak kemerahan.

Nyeri persendian yang anda rasakan ketika munculnya gejala asam urat disebabkan oleh di dalam sendi perifer terjadi sebuah kristalisasi asam urat karena suhu persendian lebih dingin dari pada pusat tubuh yang lainnya yang menyebabkan kecenderungan urat membeku.

3. Selain gejala asam urat di atas yaitu anda akan merasa cepat cape dan badan akan terasa pegal-pegal.

4. Gejala asam urat yang berikutnya yaitu pada pagi saat bangun tidur atau malam harinya akan sering buang air kecil.

5. Anda akan merasakan linu yang parah dan juga kesemutan yang sangat parah. Hal ini juga disebabkan oleh adanya kristalisasi asam urat yang terjadi di dalam persendian.

Asam urat disebabkan karena meningkatnya kadar purin pada tubuh. Salah satu sumber purin yaitu buah-buahan dan sayur-sayuran. Kerusakan sel-sel tubuh juga dapat menghasilkan purin dan anda pun akan merasakan munculnya gejala asam urat pada tubuh anda.