DAPATKAN HERBAL DI TOKO HERBAL07

Jumat, 30 Maret 2012

Asam Urat Menyebabkan Peradangan Sendi

http://saonatural.com/produk/asamurat

Asam Urat Menyebabkan Peradangan Sendi

Asam Urat Menyebabkan Peradangan Sendi
Asam Urat Menyebabkan Peradangan Sendi, Hal yang memicu terjadinya peradangan sendi adalah akibat terjadinya penumpukan kristal asam urat didalam jaringan tubuh sehingga memicu terjadinya peradangan pada persendian.
Penumpukan asam urat di sendi biasanya terjadi jika kadar asam urat dalam darah lebih tinggi dari nilai normal. Pada laki-laki lebih dari 7 mg% sedang pada perempuan lebih dari 6%. Selain penumpukan di sendi, asam urat juga dapat membentuk batu urat di ginjal maupun kandung kemih.
Arthritis gout lebih sering terjadi pada laki-laki dibanding perempuan. Pada laki-laki, peningkatan kadar asam urat darah biasanya pada masa pubertas, sedang pada perempuan setelah menopause.

Asam Urat Menyebabkan Peradangan SendiSerangan arthritis gout akut ditandai dengan rasa nyeri yang hebat seperti ditusuk-tusuk pada sendi yang terkena, sendi tampak kemerahan dan hangat, juga ditemukan pembengkakan sendi. Keadaan ini akan semakin parah dalam dalam waktu 24 jam. Nyeri biasanya akan berlangsung satu sampai dua minggu dan kemudian mereda sendiri. Tetapi pada beberapa kasus, nyeri dapat berlangsung lebih lama lagi atau menetap.
Pada arthritis gout kronis, kerapkali dijumpai benjolan agak keras (tofus) yang berisi kristal urat di sekitar sendi. Benjolan ini bila pecah akan mengeluarkan cairan seperti pasta berwarna agak keputihan, yang kandungannya adalah kristal urat. Terbentuknya benjolan ini biasanya menandakan seringnya pasien mendapat serangan dan tingkat keparahan serangan. Benjolan ini akan menimbulkan reaksi peradangan, sehingga timbullah erosi pada jaringan sekitarnya, termasuk pada tulang rawan sendi).
Pengobatan
Tujuan pengobatan arthritis gout antara lain :
Mengobati serangan akut secara tepat
Mencegah timbulnya serangan akut ulangan
Mencegah rusaknya sendi akibat penimbunan kristal urat
Mencegah timbulnya komplikasi pada jantung, ginjal, atau pun pembuluh darah.
Mencegah terbentuknya batu urat pada ginjal dan saluran kemih.
Pengobatan serangan akut biasanya diberikan obat pereda sakit (analgetik) dan obat antiperadangan. Pada serangan akut ini, obat penurun asam urat tidak boleh diberikan karena dapat memperparah gejala.
Pengobatan pada masa bebas serangan adalah dengan cara pengaturan pola hidup dan pemberian obat penurun kadar asam urat darah, misalnya allopurinol.
Pengaturan pola hidup antara lain menjaga berat badan tetap ideal, tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak purin (zat yang merupakan cikal bakal asam urat), serta membiasakan diri untuk minum air putih 2 liter atau lebih sehari.
Perjalanan Penyakit
Pada beberapa pasien, serangan arthritis gout hanya timbul beberapa kali. Tapi jika tidak ditangani dengan baik, serangan akan lebih sering dan rasa nyeri akan lebih hebat. Kemudian akan diiringi dengan pembentukan tofus dan rusaknya tulang rawan serta jaringan sendi dan sekitar sendi. Walaupun jarang, pada beberapa kasus, kerusakan sendi terjadi sangat hebat, tofus berukuran besar dan banyak, dan terjadi dalam waktu beberapa tahun saja.